Langsung ke konten utama

Ibu






            Ibuku sayang, di hari yang sangat istimewa ini, aku masih belum tu harus memberi apa. Engkau yang selalu bersyukur atas segala karunia-Nya, tidak pernah merasa kekurangan walaupun di saat sulit atau susah sekalipun. Ingin ku memberi sebogkah emas permata sebagai pengganti segala biaya yang kau korbankan demi pendidikanku, tetapi aku yakin kau akan menolaknya dengan tegas. Aku curiga itu yang akan menjadi jawabanmu. Maka, di saat kita dipisahkan oleh jarak seperti ini, izinkan aku mengawali tulisanku dengan menuliskan surat untukmu, walau aku sadar tidak ada kata-kata yang cukup indah untuk menggambarkn kasih sayangmu. Tidak ada Bahasa yang mampu menggambarkan segala pengobarnanmu yang telah engkau lakukan tanpa rasa lelah.
            Engkau selalu membisikkan doa sembari mengelus lembut perutmu, menungguku hadir, ingin mendengar suara angisan pertamaku, bertaruh nyawa demi membawaku hadir di dunia ini. Dan diwaktu aku lahir, kau tidak pernah mengeluh saat membersihkan kotoranku. Sejalan waktu, engkau tetap tidak pernah lupa untuk mendoakanku dalam setiap ibadahmu, walaupun aku tidak pernah ingat untuk mendoakanmu.
            Betapa kesalnya aku di masa lalu saat engkau tidak bias membelikan mainan yang aku inginkan, padahal entah kapan aku membelikan barang yang engkau mau. Aku marah karena memberikan hadiah yang tidak sesuai keinginanku di waktu berulang tahun, tetapi aku bahwa kau mmbungkus hadiah itu dengan penuh kasih sayang. Saat beranjak dewasa, aku sering berkata bahwa aku sayang kepadamu, tetapi membuatkanmu sarapan saja tidak pernah. Engkau tidak meminta banyak hal dariku, tetapi bahkan mengecup tanganmu pun tak bias aku penuhi. Sepertinya, aku terlalu sibuk membuat bahagia diriku sendiri. Lalu kapan aku mampu membuktikan rasa sayngku padamu? Saat engkau terlalu tua? Dikala engkau sakit-sakiyan? Bagaimana jika aku terlambat?
            Ah, Ibu. Setiap kali ulang tahunmu datang, aku selalu membenci hari tersebut. Mengetahui bahwa rambutmu mulai memutih serta keriputmu semakin bertambah, sementara waktu kita semakin sedikit. Dan aku hanya bias menjadi orang penuh dosa, sementara engkau terus menjadi seorang pendoa. Dan aku terlalu sibuk dengan keaku-anku, sementara dirimu sibuk merindukanku. Betapa aku sering mengeluh atas kekuranganmu, tetapi tidak sadar akan kekuranganku sendiri. Jarangnya aku mengucap terima kasih atas perjuanganmu untuk membesarkanku hingga aku bisa seperti saat sekarang ini. Engkau adalah orang yang selalu membuatku semangat untuk berfikir lebih bijak dan berbuat lebih.
            Apa artinya pergi, jika engkau tak menjadi tempatku untuk kembali? Apa arti sakit, jika kau tak menjadi malaikat penyembhku? Dan apa artinya aku, jika tidak mampu membuatmu tersenyum? Ibu, maaf untuk segalanya. Izinkan aku membayar dosa-dosaku yang begitu banyak, berusaha sekuat tenaga meskipun aku sadar itu tak mungkin menggantikan kasih sayangmu, membahagiakanmu sampai salah satu dari kita dipanggil oleh-Nya. Berulangtahunlah selamanya, agar aku mampu melihat mu selama hidupku. Aku menyanyangimu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat layanan PBX dengan MizuVoIP

  1. Pastikan komputer server telah terinstal OS minimal Windows 8 dan terkoneksi dengan internet 2. Unduh aplikasi MizuVoIP pada link berikut. 3. Sesuaikan jenis paket instalasi dengan sistem operasi komputer server yang digunakan setelah proses unduhan selesai, jalankan file instalasi tersebut. 4. Pilih Next untuk memulai proses instalasi 5. Pilih opsi I accept the agreement sebagai tanda anda menyetujui lisensi instalasi, kemudian pilih Next. 6. Tentukan lokasi folder instalasi dari Mizu, lalu pilih Next. 7. Berikan nama Start Menu Folder dari Mizu lalu pilih Next 8. Klik Install untuk memulai proses instalasi. 9. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. 10. Klik Finish untuk mengakihiri proses instalasi dan menjalankan aplikasi Mizu. 11. Berikut adalah tampilan dari aplikasi PBXAdmin Mizu. 12. Pada saat konfigurasi instalasi awal, akan muncul Configuration Wizard, pilih Quick/Auto configuration kemudian pilih Next. 13. Lengkapi detail isian konfigurasi Mizu seperti gam

Media Penyimpanan Data Eksternal

A. Pengertian Media penyimpanan data eksternal.      Computer Data Storage (Penyimpanan Data Komputer) adalah media yang digunakan dengan fungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital yang tersedia pada perangkat komputer dengan waktu tertentu sehingga dapat dibaca dan dibuka kembali untuk diproses ulang pada perangkat. Untuk saat ini Media penyimpanan komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage). Dan selanjutnya akan saya bahas ketiga kategori tersebut secara detail, jenis-jenis dan juga contoh dari setiap kategori tersebut. B. Macam macam Media penyimpanan data eksternal. 1. Magnetic Disc Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern. Kelebihan dan Kekurangan : Kelebihan : Kapasitas penyimpanan pada me

Menganalisis relasi logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND, EXOR, EXNOR); (Flip Flop, counter)

  A. Relasi Logika. Informasi dalam bentuk sinyal 0 dan 1 saling memberikan kemungkinan hubungan secara logik. Fungsi dasar relasi logik adalah : Fungsi AND, OR, dan Fungsi NOT. Disamping ketiga fungsi dasar tersebut ada beberapa fungsi logik yang sering digunakan yaitu : Fungsi EXCLUSIVE OR ( EX-OR ) dan Fungsi EQUIVALENCE. Di dalam Eletronika, fungsi-fungsi logik diatas dinyatakan dalam bentuk : Simbol, Tabel Kebenaran, Persamaan Fungsi dan Diagram Sinyal Fungsi Waktu. B. Gerbang Logika. Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni  0  dan  1  dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean. C. Jenis-jenis Gerbang Logika Dasar dan Simbolnya. Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk seb